Selasa, 14 Juli 2015

Nilai Kuliah dan Strategi Belajar

Ok, pada post ke-3 ini, saya cukup merasa dag dig dug. Hm...

Pembelajaran di UT yang online dan berbeda membuat saya juga harus memiliki strategi belajar yang berbeda. Saya memiliki permasalahan sulit untuk memahami materi kuliah hanya dengan membaca, melalui tutorial tatap muka yang diselenggarakan UT membuat saya sedikit terbantu. bahkan bisa tetap meningkatkan nilai sampai semester 4 ini. Ckck... luar biasa hebat bagi sebagian besar mahasiswa UT. Berdasarkan, artikel yang sering saya baca mengenai pendapat UT mungkin lebih dari 50% mengatakan bahwa “Masuk di UT itu gampang, tapi keluar lulusnya susah.” Hm... saya pun awalnya mengatakan demikian. Kenapa? Karena, sistem perkuliah di UT yang berbeda akan membuat sebagian besar kesulitan untuk menyesuaikan diri dan mengatur strategi belajar yang tepat. Akibatnya, tidak sedikit mahasiswa yang mengeluh nilainya rendah semenjak kuliah di UT. 
Penulis saat sedang mengikuti matkul pengelolaan sumberdaya air

penulis bersama mahasiswa berprestasi penerima bidikmisi

Berdasarkan kondisi diatas, mungkin sedikit yang tertarik untuk kuliah di UT. tetapi, kita dapat memecahkan permasalah tersebut dengan berbagai strategi belajar. nah... saya akan memberikan strategi belajar saya kepada kalian dengan metode 5B, yaitu:


1. Bersungguh-sungguh dan berdoa, jadikan kuliah jadi prioritas dibanding kerja. “knowledge 1st, working 2nd” dan mohonlah pada yang maha kuasa. Amin...

2. Belajar membaca, belajar membaca ini sangat penting dalam memahami setiap intisari materi yang disampaikan dalam modul. Bukan sekedar membaca tetapi memahami kalimat penting akan memudahkan sekaligus menghemat waktu dibandingkan membaca 1 buku perhari. (sakit mata bisa jadi)

3. Berlatih, kerjakan setiap soal dengan baik dan konsentrasi tanpa melihat contekan dibelakangnya. Kunci hanya untuk periksa jawaban

4. Bertanya, setiap tutorial tatap muka ataupun online usahakan bertanya sebanyak mungkin yang tidak diketahui bahkan bila perlu tanyakan kepada tutor untuk menjelaskan secara detil materi kuliah dari awal sampat akhir. (maaf pak tutor ini untuk mahasiswamu juga, berbagi ilmu itukan baik. Jangan lelah pak, semangat terus menjelaskan sampai mahasiswamu mengerti)

5. Berani mencoba dan percaya diri, satu kasus yang sering dialami mahasiswa adalah takut untuk mencoba suatu hal sampai menunggu temannya memulai. Termasuk, kepercayaan diri yang rendah dapat berakibat fatal pada setiap tugas dan ujian. (hentikan budaya tidak baik saat ujian)

Entah mengapa sangat sulit saya rasakan pada tahun-tahun awal semester 1-3. Menyesuaikan diri terasa sangat berat. Tetapi, berjalannya waktu saya belajar lebih baik dengan efektif dan efisien. Selain itu, semakin menempuh semester yang lebih tinggi, semakin banyak beban yang ditempuh. Tetapi tantangan yang saya hadapi itu justru membuat saya bisa menjadi mahasiswa yang lebih baik dan memperbaiki setiap kesalahan strategi belajar yang telah lalu. Sampai saat ini, saya masih bisa mensyukuri dan meningkatkan nilai mencapai nilai IP 4 pada semester 4, semoga nilai ini dapat bertahan hingga kelulusan nanti. 




Saya yakin jika setiap mahasiswa UT bisa menerapkan strategi belajar mereka masing-masing dengan tepat, pasti akan predikat cumlaude saat wisuda kelulusan kelas. Karena itu menjadi salah satu kunci membangun pagar bangsa dari dalam diri sendiri. UAS tenang, belajar tenang, tutorial tenang, dan memperoleh IP dengan tenang. Amin....

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan

5 komentar:

  1. Hai Mas Wahyu. Salam kenal, aku mahasiswa baru UT 2016.2. Kebetulan juga ambil prodi yang sama dengan mas, yaitu PWKL. Aku tau dari artikel ini yg tertulis mengikuti kuliah Pengelolaan SDA.
    Kalau boleh tau mas di UPBJJ mana ya? Aku di Jakarta.
    Mungkin jika memungkinkan bisa berdiskusi. Seneng banget nemu blog ini yang ternyata penulisnya mahasiswa PWKL juga. Soalnya kebanyakan maba memilih jurusan ekonomi dan komunikasi.
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Hai Mas Wahyu. Salam kenal, aku mahasiswa baru UT 2016.2. Kebetulan juga ambil prodi yang sama dengan mas, yaitu PWKL. Aku tau dari artikel ini yg tertulis mengikuti kuliah Pengelolaan SDA.
    Kalau boleh tau mas di UPBJJ mana ya? Aku di Jakarta.
    Mungkin jika memungkinkan bisa berdiskusi. Seneng banget nemu blog ini yang ternyata penulisnya mahasiswa PWKL juga. Soalnya kebanyakan maba memilih jurusan ekonomi dan komunikasi.
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa bales. Saya juga upbjj jakarta semester 7 sekarang. Mungkin bisa meninggalkan kontak untuk dimasukkan ke grup pwk. Semangat kuliah di utnya ya

      Hapus
    2. Kontak nya kalo bisa wa yah. Grup bentuknya wa. Thanks

      Hapus
    3. Kontak nya kalo bisa wa yah. Grup bentuknya wa. Thanks

      Hapus