Kamis, 09 Juli 2015

Kuliah @Universitas Terbuka


Hi guys, perkenal nama saya Wahyu Hidayat dari Universitas Terbuka Program studi Perencanaan Wilayah dan Kota tahun 2013.2. Cukup banyak pengalaman yang ingin saya share kepada orang banyak mengenai tempat kuliah saya ini. Ingin tahu pengalaman apa saja yang sudah saya jalani? seberapa besar pengorbanan saya selama kuliah di UT? atau kegiatan apa yang bisa saya lakukan dengan sistem yang berbeda dengan tempat kuliah lainnya? kalau penasaran langsung saja cek postingan blog dibawah ini ya....
Berfoto didepan Fakultas FMIPA

Ketika saya lulus SMA, banyak hal yang ingin saya capai dengan berkuliah di Universitas favorit. Tetapi, faktor ekonomi sedikit menghambat saya untuk meneruskan kuliah. Akhirnya, sekolah menawarkan saya program beasiswa bidikmisi untuk strata 1 (S1) di Universitas Terbuka program studi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Awalnya saya sedikit ragu untuk kuliah di Univesitas Terbuka karena Sistem pembelajaran di universitas terbuka mungkin sedikit berbeda dengan perkuliahan reguler lainnya, Universitas Terbuka mencoba mempersiapkan mahasiswa yang mandiri dengan sistem perkuliahan online. Sistem perkuliahan seperti itu akan sulit untuk saya memiliki banyak teman, mata kuliah yang berkualitas, dan kegiatan aktif diperkuliahan. Terlebih saya juga memiliki kendala dalam hal internet. Uang yang pas-pasan tidak akan mampu membiayai internet untuk kuliah setiap bulannya. Namun, jalan selalu ada untuk saya. Saya bisa kuliah dengan memanfaatkan beasiswa bidikmisi dan kerja paruh waktu. Akhirnya, saya tetap melanjutkan kuliah di UT dengan harapan bisa menjadi lebih baik. Saya memiliki kesempatan emas dengan mendapatkan beasiswa tersebut. Selain saya bisa mengikuti tutorial online, saya juga mendapat tutorial langsung/ tatap muka. Hal ini mejadi keuntungan tersendiri untuk saya. Hehe bukan untuk hal buruk, tetapi saya bisa lebih memahami materi dengan langsung bertanya pada pakar di bidangnya, diskusi kelompok secara langsung, atau merasakan kuliah seperti tempat perkuliahan lainnya. (semuanya gratis tanpa biaya se-peserpun)

Tutorial Kesehatan Lingkungan
Selesai Tutorial didepan kelas











Ternyata universitas terbuka selalu berinovasi menggunakan teknologi untuk kami, saya pun merasakan bagaimana belajar melalui layar monitor dengan metode video conference (VICON), vicon ditujukan bagi mahasiswa dalam berbagai kegiatan seperti studio atau seminar. Melalui vicon, saya bisa bertemu dengan mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota lainnya di berbagai daerah seperti serang, bogor, bandung, surabaya, dan manado.  Selain itu, kegiatan studio juga menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota, mulai dari pembuatan laporan studio, terjun kelapangan, sampai membuat sebagian wilayah yang dikaji melalui maket.



Menurut saya, Universitas terbuka menyajikan pembelajaran dengan cara yang unik, fleksibel, dan jaringan yang luas. Cara inilah yang akan menjadi pagar bangsa dalam mengentaskan keterbatasan pendidikan. Maju terus UT, kita bersama akan meneruskan cita-cita luhur bangsa dan memajukan Universitas Terbuka

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan

1 komentar:

  1. Salam kenal..
    Pak bisa share lebih lengkap dung dengan kuliah PWK di ut..
    Rencana saya mau ngambil pwk di ut

    BalasHapus