Selasa, 14 Juli 2015

Kegiatan Ekskursi dan Kompetisi

Menurut kalian apa sih kegiatan ekskursi? Kegiatan ekskursi adalah kegiatan dalam menunjang perkuliahan untuk memperdalam pemahaman materi kuliah sekaligus menambah wawasan secara langsung dilapangan. Saya sangat senang setiap kali mengadakan acara seperti ini, selain saya bisa belajar banyak, saya juga bisa bersenang-senang berkumpul dengan mahasiswa lainnya. #liburan. 

Kegiatan ekskusi pertama kali dari prodi Perencanaan Wilayah dan Kota adalah berkunjung Universitas Tarumanegara, reklamasi pantai mutiara, dan waduk pluit yang sudah diperbaiki pemkot Jakarta. Disana, saya belajar banyak mengenai studio Perencanaan Wilayah dan Kota UNTAR, sejarah pembentukan reklamasi pantai dan tujuannya, serta bagaimana penanggulangan banjir di waduk pluit pada masa pemerintahan Jokowi. 

Di waktu yang lain, kami mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota UPBJJ Jakarta dan UPBJJ Serang mengadakan kegiatan ke kota hujan yakni kota bogor, disana kami berkunjung ke Universitas Pakuan, Kebun raya bogor, dan kebun teh. Seru.... seru... lagi lagi saya sangat senang dengan kegiatan ekskursi kali ini, ternyata dengan kegiatan ekskursi ini dapat menambah wawasan sekaligus mempererat tali silaturahmi mahasiswa antar UPBJJ
Seminar UNPAK
Foto Bersama Dosen



                                                       KEGIATAN EKSKURSI UT
Foto Bersama di Kebun Raya Bogor
Selesai Menghitung Debit Sungai 





Kegiatan ekskursi juga pernah diadakan di UT, dengan berjumpa dengan mahasiswa UT luar negeri yaitu Open University of India dan Open University of Cina. Mungkin!! Dengan kegiatan tersebut saya bisa mengambil pelajaran dari mahasiswa universitas terbuka diluar negeri seperti apa? Sekaligus menambah skill bahasa inggris. haha


Selain kegiatan ekskursi, masih banyak kegiatan lainnya seperti mengikuti kompetisi. Saya merasa tertantang setiap kali mengikuti ajang seperti ini. Kompetisi pertama yang saya ikuti adalah lomba karya tulis enterpreneurship. Saya diamanahkan oleh UPBJJ Jakarta untuk mengikuti kegiatan ini, tidak diduga ternyata karya tulis saya diterima dan masuk 10 besar nasional mengalahkan Universitas favorit lainnya se-Indonesia. Saya bersyukur, ternyata dengan kuliah di UT saya bisa mencetak prestasi bahkan sampai tingkat nasional sekalipun. Setelah itu, lomba final di laksanakan jauh di pulau sulawesi tepatnya kota Makassar (12 April 2015), ckck.... saya sangat senang karena ini merupakan kali pertama saya pergi luar pulau Jawa dan pertama kali Ride On Plane. Pengalaman pertama saya menaiki pesawat sangat menyenangkan dengan akses full service yang telah di biayai UT. Saya sangat bersemangat mengikuti kompetisi dimakassar. Saya tinggal disana selama 5 hari dengan mengikuti rangkaian kegiatan seperti seminar nasional dan pembentukan organisasi bidikmisi. Namun, saya tidak memenangkan 3 besar dan dikalah kan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret dan IPB. 
@makassar


@Pantai Losari


Foto Bersama Seluruh Mahasiswa Penerima Bidikmisi se Indonesia




Pengalaman yang sangat berharga ini akan menjadi motivasi saya untuk terus mencetak prestasi dan membangun pagar bangsa dengan setiap prestasi yang saya miliki termasuk menjalin jaringan antar UPBJJ dan antar Universitas yang tersebar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. 

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar